Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
KOTA CIMAHI

Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi Selenggarakan Musrenbang Tahun 2023

52
×

Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi Selenggarakan Musrenbang Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KOTA CIMAHI-GMN,- Hasil Focus Group Discussion dan Musrenbang tiap-tiap Kelurahan di Cimahi Tengah yang menghasilkan
5 bidang usulan yang akan disepakati dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Cimahi Tengah yang nantinya akan dibawa ke Musrenbang Tingkat Kota Cimahi.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh stakeholders, mulai dari anggota DPRD Dapil Kecamatan Cimahi Tengah, H Sudiarto Kepala OPD, unsur Forkompimcam, lurah se-Kecamatan Cimahi Tengah serta para peserta, mulai dari LPM, ormas pemuda, perwakilan UMKM dan Perempuan serta tokoh masyarakat dan agama yang ada di wilayah Kecamatan Cimahi Tengah, dengan total undangan keselurahan adalah 200 orang.(08-02-2023).

Example 300x600

Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kota Cimahi.

Binwil Kecamatan Cimahi Tengah dan Kepala Dinas Sosial Kota Cimahi, Guntur Priyambada mewakili Pj. Walikota Cimahi, dalam sambutannya menegaskan, hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD.

Dalam sambutan juga Guntur mengungkapkan, Pj. Walikota Cimahi juga menyampaikan penyusunan rencana pembangunan tahun 2024 ini, merupakan perencanaan pembangunan tahun kedua dari Tahapan Rencana Pembangunan Daerah Kota Cimahi Mulai Tahun 2023 S/D Tahun 2026. Adapun Visi dan Misi yang menjadi acuan RPD ini adalah visi Kota “Cimahi Kota Cerdas,”Sedangkan Misi yang ingin dicapai yaitu kualitas kehidupan masyarakat berakhlak mulia, berbudaya, menerapkan Ilmu dan Teknologi, memiliki jejaring sosial, serta produktif nan unggul.Demi mewujudkan keserasian pembangunan yang berkeadilan dan mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Baca Juga:  Pembangunan Markas Polisi Sektor (Polsek) Kecamatan Cimahi Tengah Dimulai Dengan Peletakan Batu Pertama dilakukan Pj Walikota Cimahi H. Dikdik Suratno Nugrahawan

Sementara itu, Camat Cimahi Tengah, Asep Bahtiar mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan.

Dalam musrenbang ini dibagi menjadi 5 bidang, antara lain bidang fisik, bidang ekonomi, bidang pemerintahan, bidang budaya, serta bidang sosial.Sehingga pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan wilayah Kecamatan Cimahi Tengah berdasarkan tugasdan fungsi perangkat daerah bisa disepakati,terang Asep Bahtiar.

“Setiap bidang mengusulkan 10 usulan yang jadi prioritas untuk diusulkan kemusrenbang tingkat kota dengan membentuk tim delegasi yang disepakati untuk mengawal hasil musrenbang tingkat kecamatan ke musrenbang tingkat kota,untuk bidang fisik, Pengadaan Air Bersih menduduki peringkat pertama dari 10 prioritas pembangunan yang akan diusulkan. Bidang ekonomi, prioritas peringkat pertama adalah Pemasaran Produk UMKM, sedangkan pengendalian keamanan lingkungan dan pemasangan CCTV menjadi prioritas pertama bidang pemerintah,untuk Bidang budaya, prioritas pertamanya adalah adanya sosialisasi budaya gotong royong kepada masyarakat, dan terakhir, bidang sosial, prioritas pertama adalah peningkatan derajat kesehatan masyarakat.Imbuhnya.Smoga hasil usulan bidang-bidang dari Musrenbang tingkat Kecamatan Cimahi Tengah dapat terwujud sebagai skala prioritas yang akan di bawa pada Musrenbang Tingkat Kota Cimahi nanti.
(Temmi Kabiro GMN Kota Cimahi)


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!