Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
REGIONALSOSIALWISATA-SENI-BUDAYA

Situ Ciburuy Surut, Tapi Semangat Kepedulian Formacib Tak Pernah Surut

70
×

Situ Ciburuy Surut, Tapi Semangat Kepedulian Formacib Tak Pernah Surut

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

 

Padalarang-GMN-   

Example 300x600

Revitalisasi yg sudah di janjikan oleh Gubernur Jabar pada bulan Februari 2019 lalu akan segera terwujud, karena pada saat ini tim PSDA Provinsi jabar melakukan Condir atau tepatnya laboratorium tanah untuk menguji kekerasan tanah di pinggiran situ ciburuy.

Hal tersebut disambut baik oleh Formacib (Forum Masyarakat Cinta Ciburuy) yang mana Organisasi ini terus melakukan aksi sosial dan kepedulian terhadap Situ Ciburuy.

Namun akibat kemarau panjang, situ ciburuy yang luasnya hampir dari 42 H itu, kondisi airnya saat ini mulai surut dari sempadan pinggir situ sangat signifikan sekali hampir berkurang 3 meter dari sempadan situ yang biasanya terendam Air kini sudah mulai kering.

Agus ajhe Ketua Formacib mengatakan, bahwa sangat menyayangkan kepada Pihak UPT Pengairan Yang kantor nya berada tepat di samping situ, terhalang saluran Irigasi cuhcur diduga tidak bisa mengatur debit air dengan baik di pintu air pertama maupun pintu air kedua dengan alasan kondisi pintu air rusak berat.

Selain itu menurutnya, pintu air ke satu yang mengalirkan air ke Purabaya sudah tidak berfungsi lagi hampir dari 2 tahun, tentu saja air tidak bisa dipertahankan.

Menurutnya, jika situ ciburuy surut, maka sampah – sampah akan terlihat disamping rumput gulmator yang akan memenuhi pinggiran situ yang tidak terendam Air akibat kemarau panjang ini.

Pihaknya bersama Jajaran Pengurus dan anggota Formacib,terus mengantipasi dan melakukan Opsih rutin tiap minggua, membersihkan sampah  yang makin berserakan itu di pinggiran dan sempadan situ tersebut.

Lebih lanjut Agus Ajhe mengatakan, kegiatan rutin selalu dilakukan oleh Formacib setiap hari minggu itu mendapat sambutan baik dari masyarakat sekitar situ ciburuy walaupun kegiatan yang dilakukan secara sukarela.

Baca Juga:  BHAKTI SOSIAL POLRI DIGELAR DI PULAU UNTUNG JAWA

Agus ajhe menegaskan, walaupun kondisi saat ini Situ Ciburuy airnya surut, tapi seluruh pengurus beserta anggota Formacib dalam melakukan aksi kepedulian terhadap situ ciburuy yang telah di gagas dari tahun 2013 itu semangatnya tidak akan pernah surut,tegasnya.

Sementara itu Sekretaris Formacib Nono Suhendar mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kab. Bandung Barat  yang sudah dan akan memfasilitasi Formacib dengan diberikanya Hibah berdasarkanpermohonan nya dari tahun 2014 teralisasi pada taun 2019.

Bantuan Hibah unit beca Motor (cator) akan segera diberikan untuk menunjang kegiatan demi kegiatan formacib yang merupakan organisasi lingkungan tepat nya Earth Volunters atau relawan bumi yg terus menerus melakukan giat demi giat di situ ciburuy.

semua bukti dan meng edukasi kami kepada masyarakat agar selalu menjaga juga peduli kepada lingkungan sekitar kita.(Red.GMN)


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!