CIMAHI-GMN,- Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Zona Hijau dari Ombudsman Republik Indonesia (RI),kembali mengukir prestasi diraih Pemerintah Kota Cimahi.Penghargaan bergengsi ini diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, dalam acara Penganugerahan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat 2024 yang berlangsung di Hotel Grand Sunshine, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (4/12).
Capaian ini menempatkan Cimahi di peringkat kedua di antara seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat,dengan mencatat skor 96,13,naik capaian Tahun 2023 memperoleh nilai 95,27 sekaligus menjadi yang terbaik di tingkat pemerintah kota se-Jawa Barat.Penilai skor tersebut meliputi berbagai sektor strategis, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, serta dua puskesmas unggulan, yaitu Puskesmas Cimahi Utara dan Puskesmas Melong Asih,ungkap Dicky.
Saat ditemui awak media Dicky Saromi PJ Walikota Kota Cimahi, menegaskan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat,untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik, bukan hanya memenuhi standar yang ada, tetapi juga melampaui ekspektasi masyarakat,penghargaan ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi. Ke depan, Kota Cimahi akan semakin fokus pada empat dimensi pelayanan yang menjadi syarat Ombudsman, yaitu dimensi input, proses, output, serta pengelolaan pengaduan masyarakat.
Ditambahkan juga oleh Dadan Suharmawijaya anggota Ombudsment, menyampaikan apresiasinya atas capaian seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat yang telah mencapai zona hijau dalam pelayanan publik. Meski begitu, ia mengingatkan pentingnya perbaikan berkelanjutan untuk menjawab harapan masyarakat,ke depan, Ombudsman tengah menyusun perubahan indikator pengawasan kepatuhan pelayanan publik tahun 2025. Ini menjadi tantangan baru bagi pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang lebih luas dan tidak hanya terfokus pada pemenuhan standar.Kota Cimahi kembali membuktikan diri sebagai salah satu daerah yang mampu memberikan pelayanan publik berkualitas, mencerminkan komitmen tinggi terhadap reformasi birokrasi dan kepuasan masyarakat.
(Temmi Kabiro GMN Kota Cimahi)