CIMAHI-GMN,-Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Cimahi adakan Monitoring Evaluasi Informasi Pengelolaan SP4N Lapor dan Informasi Publik di.Gedung B, Pemkot Cimahi,(13/11/2024).
Sebagai Nara Sumber Kepala Ombusmand Jawa Barat, Dani mengatakan kita bisa mengembangkan berbagai saluran laporan media sosial maupun aplikasi-aplikasi yang khusus dibentuk di Kabupaten / Kota besar segera ini jadi masalah selama semua saluran yang dipantulkan oleh Pimpinan Daerah karena bagaimanapun pengajuan itu adalah bagian dari perbaikan Pelayanan Publik.
Tapi ke depannya kita masyarakat harus mendapatkan layanan satu pintu saja seperti halnya Perizinan, Pengaduan Perangkat Daerah yang saling berkoordinasi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan Laporan Masyarakat.
Ada beberapa aplikasi tadi yang dibicarakan juga mendengar tadi beberapa perangkat daerah juga mempunyai Media Sosial sendiri untuk tahapan berikutnya.
Media Sosial telah ditetapkan oleh Integrasikan agar semua laporan tercatat dan menjadi masukan bagi Walikota Cimahi dan juga penilaian kinerja dari masing-masing Perangkat Daerah kedepannya tahap kedua adalah cukup dibangun satu saluran atau satu pintu saja yang bekerja adalah orang-orang dibalik layar.
“Harapan saya kita sebagai remaja jauh dengan peraturan-peraturan dan ketemu dapat dilakukan melalui berbagai macam aplikasi yang kadang-kadang membuat aparat juga bingung untuk menanggapi, hal yang disampaikan saya kira yang harus dibiasakan adalah para pihak dalam era digital sekarang ini Pemerintah bukanlah satu-satunya saluran informasi maupun saluran pengaduan,tegas Dani.
Banyak masyarakat sebagai penyelenggara layanan publik yang harus beradaptasi harus lebih cepat merespon harus lebih cepat memantau perkembangan berbagai Media Digital itu sudah nggak bisa ditahan lagi tidak bisa ditahan lagi orang melapor ke manapun sekarang harus dianggap sebagai bagian dari aspirasi masyarakat.
Yang terakhir berkaitan dengan kegiatan seperti ini terlihat jelas kali ini sudah biasa yang salah satu bentuk apresiasi dimana teman-teman operator itu kan masukkan ditingkatkan kapasitasnya,tapi lebih penting lagi saya ingin Kota Cimahi membentuk sebuah Lembaga kelembagaan tentang Pengelolaan Pengaduan secara utuh dari mulai penanggung jawab sampai supervisi dan operator sehingga teman-teman petugas ini mendapatkan perlindungan dan mendapatkan dukungan yang optimal dari pemerintah daerah karena mereka sedang menjalankan tugas Pemerintahan,imbuh Dani.
( Temmi Kabiro GMN Kota Cimahi)