Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
KOTA CIMAHI

Berbagai Kegiatan Digelar Dalam Menyambut dan Memeriahkan HUT Kota Cimahi Ke 23

105
×

Berbagai Kegiatan Digelar Dalam Menyambut dan Memeriahkan HUT Kota Cimahi Ke 23

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Cimahi-GMN,-Kegiatan Bedah Buku dan Bincang Literasi untuk meningkatkan minat baca serta meningkatkan mutu literasi masyarakat Kota Cimahi telah diadakan Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Arsip Pemerintah Kota Cimahi,Dibuka Kepala Dinas Aris Penerintah Kota Cimahi Dani Bastian.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari guru, pengelola perpustakaan sekolah, Forum Taman Bacaan Masyarakat, komunitas pegiat literasi, mahasiswa, siswa SMA se-Kota Cimahi, serta masyarakat umum. Kegiatan berlangsung di Aula Gedung B. (12/6/2024).

Example 300x600

Dani mengungkapkan keprihatinannya terhadap rendahnya tingkat literasi di Indonesia yang menempati peringkat 60 dari 61 negara menurut survei UNESCO.Negara Kita masih tertinggal jauh dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Berdasarkan hasil pengukuran Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kota Cimahi tahun 2023, kita mendapatkan nilai 72,82 yang masuk dalam kategori sedang,

Ada tiga faktor identifikasi utama penyebab rendahnya minat baca masyarakat: belum terbangunnya kebiasaan membaca sejak usia dini, terbatasnya fasilitas dan akses ke sumber bacaan seperti perpustakaan, sudut baca, dan taman bacaan masyarakat, serta minimnya produksi dan tingginya harga buku,tegas Dani.

Dengan permasalahan tersebut untuk meningkatkan minat baca Dinas Arsip Kota Cimahi, telah meluncurkan program Cimahi Reading Habit (CRH) yang bertujuan mendorong kebiasaan membaca sejak dini bagi siswa SD se-Kota Cimahi. Selain itu, Dinas Arsip juga menyediakan fasilitas perpustakaan umum dengan 14.281 judul dan 25.386 eksemplar buku yang dapat dimanfaatkan secara gratis dengan memfasilitasi sudut-sudut baca di kelurahan dan kecamatan, serta menempatkan 4 unit Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) di beberapa RW untuk meningkatkan aksesibilitas,imbuh Dani.

Bahkan untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat Kota Cimahi Dibas ke Arsipan Penerintah Kota Cimshi bekerjasama dengan Dinas-Dinas yang lsin diantaranya adanya fasilitas Di Mal Pelayanan Publik Kota Cimahi kini dilengkapi dengan perpustakaan kecil (mini library) dan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di Cimahi Technopark sebagai bentuk ekstensi layanan perpustakaan kota bagi masyarakat.

Baca Juga:  Pemilu Proporsional Terbuka PDI Perjuangan Siap Melaksanakan Keputusan MK

Dalam rangkaian acara Bedah Buku dan Bincang Literasi, narasumber J S Khairen, penulis buku “Kami (Bukan) Sarjana Kertas,” turut hadir. Dani berharap para peserta dapat memanfaatkan momen bedah buku dan bincang literasi ini dengan baik,untuk mengulas materi-materi menarik seputar literasi seoptimal mungkin. Mari kita bersama-sama tingkatkan budaya literasi demi terwujudnya visi Kota Cimahi Campernik,ujar Dani.

Bersamaan dengan Acara Bedah Buku dan Literasi di Gedung B juga diadakan Perlombaan memasak untuk Bapak- Bapak yang ad di jajaran kedinasan Pemerintah Kota Cimahi,Acara tersebut di hadiri langsung Pj Walikota Kota Cimahi Dicky Saromi.

Saat ditemui awak media Pj Walikota Kota Cimahi Dicky Saromi mengemukakan,bahwa ad keinginan dalam menyambut HUT Kota Cimahi ke 23 dapat dirayakan dengan sukacita termasuk apa yang di lakukan internal Pemerintah Kota Cimahi,dengan ide gagasan yang nyleneh yaitu lomba memasak Bapak-Bapak jajaran Pemkot Cimahi yang menilainya ibu-ibu,

Ternyata tawaran lomba tersebut mendapat antusias perangkat Pemerintah Kota Cimahi,tujuan di adakan acara tersebut untuk mempererat tali silaturahmi antar Dinas Pemerintah Kota Cimahi,imbuh Dicky.

Disamping itu juga bersamaan diadakan Storytelling bagi anak-anak sebagai calon generasi emas,dengan melakukan dan mengumpulkan cerita-cerita sejarah berdirinya Kota Cimahi yang nempunyai nilai nilai kehidupan sehingga anak-anak nanti mendapat ilmu pengetahuan kedepannya,dengan menjunjung nilai-nilai budaya dan kearifan dengan harapan nilai nilai sejarah ngga akan hilang dan sejarah Kota Cimahi tidak terlupakan pada generasi kedepan,imbuh Dicky.


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!