Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
KAB.INDRAMAYU

Hadapi Debit Air Sungai Cimanuk, Kadis PUPR Indramayu Punya Trik Jitu

126
×

Hadapi Debit Air Sungai Cimanuk, Kadis PUPR Indramayu Punya Trik Jitu

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

INDRAMAYU-GMN,- Pemerintah Kab. Indramayu melalui Dinas PUPR Indramayu bersama BPBD Indramayu dan OPD bergerak cepat lakukan penanganan banjir luapan sungai Cimanuk akibat curah hujan yang tinggi.

Sikap responsif dan cepat tanggap ditunjukkan oleh Kepala Dinas PUPR Indramayu bersama BPBD Indramayu dengan terjun langsung ke beberapa titik jalan yang menjadi lokasi banjir terutama di pintu air Bojong Sari wilayah Kecamatan Indramayu, pada Senin sore (12/2/2024).

Example 300x600

Nampak terlihat pihak dinas terkait dengan sigap dan cepat menerjunkan beberapa unit alat berat di titik lokasi banjir guna melakukan penanganan banjir akibat luapan air sungai Cimanuk dampak dari curah hujan tinggi yang terjadi belakangan ini.

” Curah hujan yang tinggi, berdampak pada aliran sungai Cimanuk meluap ke sejumlah kecamatan dan air naik ke badan jalan sehingga mengakibatkan banjir, maka kita dari pihak dinas PUPR bersama BPBD dan OPD yang terkait lainnya, terjun langsung ke lokasi banjir untuk melakukan penanganan,” ungkap Kadis PUPR Indramayu, Asep Abdul Mukti ST.M.Si kepada Globalmedianews.co.id

Sementara wilayah yang terdampak oleh luapan sungai Cimanuk diantaranya Kecamatan Sukagumiwang, Kertasemaya, Jatibarang, Widasari, Lohbener, Sindang, Indramayu dan Pasekan.

Hal tersebut dilakukan sesuai instruksi Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina dalam melakukan penanganan banjir.

“Kita akan melakukan normalisasi pada setiap aliran sungai karena banjir ini akibat dari luapan air sungai Cimanuk yang disebabkan adanya penyempitan pada aliran sungai,” terangnya

Menurutnya, Kondisi curah hujan yang tinggi seperti sekarang ini, kami harus siaga melakukan penanganan banjir, kami juga menghimbau kepada masyarakat Indramayu yang ada di sekitar pinggiran daerah aliran sungai untuk selalu waspada dan siap siaga, segera melapor apabila mengalami musibah banjir seperti ini, kita selalu siap dan sigap bagi yang membutuhkan pertolongan kami,” ucapnya.

Baca Juga:  Belum Bisa Berbuat Banyak untuk Masyarakat Desa Purwajaya, Atta Minta Maaf

Kadis PUPR Indramayu, Asep Abdul Mukti sekaligus menjabat sebagai Plt Kepala Pelaksana BPBD Indramayu memerintahkan beberapa personilnya untuk (stand bye) di beberapa titik pintu air pada Bendungan Simpang pintu Bojong Sari.

” Personil kami siaga di lokasi pintu air untuk mengatur buka tutup pintu air pada bendungan yang ada di Desa Simpang pintu Bojong Sari untuk menyesuaikan tinggi debit air, mudah-mudahan banjir bisa terkendali dan segera berlalu, amin,” jelas Asep.

Saya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mejaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,

”Karena sampah bisa menyumbat saluran air, masyarakat juga harus siaga dan berhati hati pada saat musim hujan seperti yang terjadi saat ini.

Selain itu, BPBD Indramayu juga saat ini sudah menyiapkan 3 Posko Penanggulangan Bencana dalam Pelaksanaan Pemilu yakni di Kecamatan Losarang, Patrol dan Jatibarang.

“Semua Posko berada di kantor kecamatan dan beranggotakan Petugas BPBD, Tim URC dan Relawan,” pungkasnya.

(Afifudin)


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!