JAKARTA-GMN,- Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”,atau “Perseroan”) pada kuartal kedua tahun 2023,
tercatat total pendapatan Rp24,7 triliun pada semester I 2023 atau meningkat 10% dibanding tahun lalu (Year-on-Year,YoY).
Pertumbuhan pendapatan yang kuat tersebut dikontribusi oleh kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan. Pendapatan Selular naik 8,4%, sementara itu pendapatanMultimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) bertambah 15,7%, serta layanan Telekomunikasi Tetap yang bertumbuh 25,9%YoY.Selanjutnya, pertumbuhan kinerja top-line yang solid mampumenghasilkan peningkatan EBITDA yang kuat sebesar 24% YoYmenjadi Rp11,4 triliun, dengan marjin EBITDA mencapai 46,1%pada semester pertama 2023. Adapun Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk tercatat sebesar Rp1,9triliun.
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan, selama tahun 2023 mendapat hasil positif berkat kerja keras selurih karyawan dan mitra pemegang saham.
“Kami senang dapat melaporkan hasil kinerja perusahaan selama semesterI tahun 2023 dengan hasil yang positif. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh karyawanyang didukung oleh para mitra dan pemegang saham kami,dalam mencapai tujuan bersama yaitu memberdayakan Indonesia.” Ucapnya.
Percepatan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network(MOCN) mulai menunjukkan hasilnya, Indosat mencatat pertumbuhan total pelanggan berkualitas sebesar 4% atau 3,8 juta YoYmenjadi 100 juta dengan peningkatan pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User,ARPU) Perseroan menjadi Rp35.800 pada kuartal kedua dan trafik data meningkat sebesar 16,8% YoYatau lebih dari 7.000 Petabyte. Seluruh peningkatan layanan tersebut ditopang oleh lebih dari 215 ribu total BTS pada semester I2023 yang meningkat 8,5% YoY, dengan 167ribu merupakan BTS 4G.
Percepatan integrasi MOCN yang dikombinasikan dengan strategi Go-to-Market yang tepat,membawa kami pada jalur yang tepat dalam memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pelanggan. IOH ingin terus menjadi kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas dan memaksimalkan potensi yang ada di masyarakat,” tutup Vikram.
Menurutnya, Kinerja Memuaskan Regional Central & West Java
Sejalan dengan perolehan secara konsolidasian diatas,Indosat regional Central & West Java(CWJ) turut mencatatkan pertumbuhan kinerja yang tetap terjaga di kuartal kedua tahun 2023. Hal ini tercermin dari meningkatnya jumlah pelanggan berkualitas hingga lebih dari 800 ribupengguna (YoY)atau bertumbuh 3persen. Disusul dengan peningkatan trafik data 4G sebesar 15persen (YoY) serta jumlah pengguna data yang mencapai 4persen secara tahunan (YoY).
“Sepanjang paruh pertama 2023, total BTS 4G di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat telahbertambahlebihdari8.500unitBTSataumeningkat 28 persen YoY(dibandingkan
periode yang sama tahun lalu). Hal ini membuktikan semakin mumpuninya performa jaringan Indosat yang mampu memberikan marvelous experience bagi pelanggannya.”Ucapnya
Dengan pencapaian tersebut,kini pelanggan Indosat baik IM3 maupunTri yang tersebar di seluruh Indonesia, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kalilipat.
Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuklayanan utama seperti video streaming dan gaming.