Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
JAWA BARAT

Separuh Desa di Jawa Barat Sudah Berkategori Desa Sadar Hukum

31
×

Separuh Desa di Jawa Barat Sudah Berkategori Desa Sadar Hukum

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

BANDUNG –GMN,-       Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memberikan penghargaan sekaligus meresmikan desa/kelurahan sadar hukum dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Award tingkat Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Rabu (4/12). Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan perwakilan bupati walikota serta desa yang mendapatkan penghargaan.

Dalam sambutannya Menteri Yasonna mengatakan prestasi tertinggi diperoleh Jawa Barat, karena sudah separuh desa berkategori sadar hukum.

Example 300x600

“Sekitar 50 persen desa di Jawa Barat sudah berprestasi tinggi menyandang predikat sadar hukum. Bagi yang belum  terus berupaya, dan yang sudah pertahankan,” ujarnya.

Yasonna Laoly menambahkan sebagai negara hukum , maka hukum harus berdaulat di Indonesia. Ia berharap aparat pemerintah menyampaikan kepada masyarakat tentang tujuan hukum dibuat yakni untuk mencapai ketertiban di masyarakat.

“Saya tidak bisa membayangkan jika tidak ada hukum , akan mudah timbul kerusuhan. Dengan hukum hidup jadi tentram. Tidak bisa sesukanya berbuat sesuatu, bisa menghambat pembangunan,” tegasnya.

Ia mengaskan ada korelasi yang erat antara penegakan hukum dan pembangunan. Ia mengambil contoh Singapura yang maju karena tegas dalam penegakan hukum dan masyarakatnya pun taat hukum.

Desa sadar hukum dinilai dari bobot dimensi implementasi hukum sebesar 40% sedangkan untuk dimensi yang lainnya masing-masing 20%. Kategorinya ada desa sadar hukum tinggi, sedang dan redang. Sebanyak 130 kelurahan/ desa tergolong kepada kategori kelurahan yang memiliki tingkat kesadaran hukum yang sangat tinggi karena memiliki penilaian skor di atas 140.

Sementara Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menambahkan prestasi yang membanggakan sebab separuh dari desa di Jawa Barat sudah mendapatkan prestasi sebagai desa sadar hukum. “ Sisianya akan diusahanan dan separuh yang sudah berprestasi harus dipertahankan,” tuturnya.

Baca Juga:  UKM Kota Cimahi Berpeluang Perluas Pasar Ke Ritel Modern

 

 

 

Sumber berita : jabarprov.go.id


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!