Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
JAWA BARAT

Roadshow E-Lib Tingkatkan Budaya Literasi Pelajar Kota Cimahi

33
×

Roadshow E-Lib Tingkatkan Budaya Literasi Pelajar Kota Cimahi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

CIMAHI -GMN,-       Pemerintah Kota Cimahi menggelar Sosialisasi E-Lib Kota Cimahi ke sekolah tingkat SMP. Hal itu untuk memperkuat gerakan literasi sekolah (GLS).

Roadshow dilakukan di 3 SMP yaitu SMPN 1, SMPN 10, dan SMPN 8, tiap sekolah mewakili wilayah kecamatan berbeda di Kota Cimahi.
Roadshow dilakukan Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Dinas Pendidikan Kota Cimahi, dan Bunda Literasi Kota Cimahi Lucyani M. Priatna.
Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi Harjono mengatakan, sosialisasi  aplikasi e-lib Kota Cimahi menerangkan apa saja kelebihan dan manfaat bagi para pelajar. “Pelajar bisa mengakses buku di e-library sebagai upaya memperkuat GLS di tingkat SMP. Dengan demikian, mereka akan terbiasa menerapkan e-learning,” ujarnya, Jumat 29 November 2019.
E-Lib Kota Cimahi adalah aplikasi perpustakaan digital milik Pemkot Cimahi. Untuk bisa meminjam buku yang dikelola Perpustakaan Kota Cimahi tersebut, pelajar cukup men-download aplikasi E-Library melalui Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS dengan mengetik ‘Elib Kota Cimahi’. Sejauh ini sudah ada 1.000 judul buku, dengan total 2.000 lebih eksemplar buku yang bisa dipinjam dan dibaca secara online.
Penguatan GLS bisa dilakukan  melalui pembiasaan membaca di sekolah. “Teknisnya dilaksanakan oleh Tim literasi sekolah, tersedia e-book juga untuk buku paket sekolah,” katanya.
Koleksi buku bacaan di e-lib seperti novel dan buku ilmu pengetahuan umum bisa dimanfaatkan untuk penguatan GLS. “Misalnya ada tugas membaca dan resensi buku atau novel bisa ambil buku di e-lib. Saat dikerjakan dirumah bisa didampingi orangtua sehingga ikut membaca buku,” jelasnya.
Harjono mengatakan meningkatkan budaya literasi pelajar sekaligus menjadi upaya mengatasi gangguan kendali gawai. “Anak-anak harus kita arahkan untuk meningkatkan literasi, gawai bisa dimanfaatkan untuk membaca,” ujarnya.

Example 300x600

 

Baca Juga:  PWI Jabar Mengutuk Pelaku Kekerasan Fisik Terhadap Jurnalis di Majalengka oleh Oknum Ormas

 

 

Sumber berita : cimahikota.go.id


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!