Scroll kebawah untuk baca berita/artikel !
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
REGIONALSOSIALWISATA-SENI-BUDAYA

Tanpa Bantuan Dana dari Pemerintah, Formacib Tetap Rutin Gelar Opsih di Situ Ciburuy

80
×

Tanpa Bantuan Dana dari Pemerintah, Formacib Tetap Rutin Gelar Opsih di Situ Ciburuy

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KBB-GMN,-   Kegiatan Opsih (operasi bersih) dan babad jukut yang Rutin di adakan setiap hari minggu oleh Formacib (Forum Masyarakat Cinta Ciburuy) berlangsung dari jam 08 s/d selesai dan di ikuti oleh semua anggota dan sebagian pengurus formacib.

Ketua Formacib Agus Ajhe mengatakan, Pada dasar nya kegiatan rutin ini sudah berlangsung sejak dari tahun 201, Formacib hanya mengajak secara nyata kepada seluruh Masyarakat atau organisasi kemasyarakatan yang ada diwilayah Kec padalarang Kab Bandung Barat terutama kepada Karang Taruna Desa Ciburuy dan juga Pokdarwis Desa Ciburuy walaupun pada pelaksanaan giat sinergi ini belum di aplus dengan baik oleh LKD desa ciburuy yang merupakan rekan dalam pelaksanaan seluruh kegiatan kepedulian demi kebersihan situ legenda yang sudah termashur seantero jagat dengan adanya syair lagu bubuy bulan,ujarnya.

Example 300x600

Menurutnya, Kegiatan demi kegiatan kepedulian ini adalah untuk menyongsong refitalisasi situ ciburuy yang sudah dijanjikan 0leh gubernur jabar yg akan dimulai pada taun ini 2019, walaupun pada kenyataanya belum terealisasi jadi saya harapkan semoga janji gubernur terealisasi pada taun ini ungkap Agus ajhe pendiri sekaligus Ketua Formacib Desa Ciburuy kab bandung barat kepada wartawan disela – sela kegiatan rutin pada hari minggu (23/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Formacib Agus ajhe menanggapi dengan santai tentang ‘’viral nya sampah di situ ciburuy’’,  pihaknya pasti dalam hal penanganan sampah perlu modal dan tidak sedikit untuk membersihkan sampah – sampah di situ ciburuy, namun dengan keterbatasan nya formacib selalu berkiprah dalam penanganan kepedulian lingkungan agar tercipta dan terwujud Bandung Barat bersih caang sebagai mana yang telah disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bandung Barat dalam sambutanya ketika monitoring sampah yang dilakukan beberapa hari lalu dilanjutkan pertemuan dengan Bupati Bandung Barat yang dihadiri oleh profesor satori fakar sampah juga rekan – rekan SDKBB wilayah selatan kang Budi Juliansyah juga kang Asep Acung yang di prakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup KBB.

Baca Juga:  Sinergitas Sektor 9 Bersama Warga, Bersihkan Aliran Anak Sungai Cieyong

Menyikapi hal itu, Formacib jauh – jauh hari sudah mempersiapkan penanganan sampah kering terutama plastik yang tidak bisa hancur dalam 300 tahun sebagaimana disampaikan profesor Satori.

Penanganan yang dilakukan oleh Formacib terhadap sampah plastik sterofom bisa di cairkan / dibakar untuk dijadikan faping blok dan ini sudah dilakukan oleh formacib.

Namun untuk sampah basah setelah di pilah bisa dijadikan ppc pupuk pelengkap cair dan M4 setelah dicampur gula yang sipatnya bisa menyuburkan tanah juga tanaman  palawija di sekeliling lingkungan kita.

Ketua formacib, agus ajhe menyimak dari penyampaian Pesan  Bupati Bandung Barat, ‘’kalau bisa penanganan sampah Bandung Barat tidak mesti dibuang ke TPA Sari Mukti atau Pasir Nangka oleh karena seandainya pengolahan sampah bisa di kerjasamakan dengan kelompok atau organisasi masyarakat yang punya kepedulian terhadap lingkungan dan tentu saja pemerintah pemda akan membantu melalui Dinas Lingkungan Hidup dalam penanganan sampah”, agar bisa dijadikan sampah bermanfaat bagi lingkungan yang menghasilkan incoming yang tinggi setelah diolah dengan sedikit sentuhan teknologi, hal itu tentunya dapat menguntungkan.

Pesan Bupati tersebut disambut baik oleh Formacib dimana setelah Dinas lingkungan hidup yang sudah menjadi partner melalui UPT Kebersihan Bandung Barat Selalu bersinergi dlm penanganan kebersihan lingkungan disekitar destinasi wisata situ ciburuy.

Seperti contoh – contoh nya setiap kegiatan yang ter agendakan pengangkutan sampah yang sudah dipilah selalu di angkut 0leh kendaraan kebersihan upt bandung barat tentu saja formacib ikut terbantu dalam pelaksanaan ‘’bebersih’’ di situ ciburuy dalam hal pengangkutan sampah di situ ciburuy

Disinggung tentang bantuan Cator dari Bupati bandung barat kepada formacib melalui Dinas lingkungan Hidup Agus ajhe malah tersenyum, karena menurut nya bantuan – bantuan itu belum direalisasikan wajar, ungkap nya.

Baca Juga:  WISATA SITU CIBURUY DIGOYANG SENANG ZUMBA BRINGKA

Agus ajhe menjelaskan, bahwa semua itu melalui mekanisme yang jelas pasti itu akan terlaksana oleh karena cator sangat diperlukan dalam setiap kegiatan Formacib supaya tidak selalu memohon bantuan kepada armada yang sangat terbatas di UPT Kebersihan KBB.

Selain itu, disingung mengenai bantuan Dana Hibah Yang belum diterima oleh Formacib satu – satu nya organisasi kebersihan kepedulian lingkungan atau Earth Vollunters ( relawan bumi ), Agus ajhe tertawa merebak, Pihaknya mengungkapkan proposal bantuan hibah dalam acara milangkala ka 3 PM-PC / Formacib itupun belum cair entah kenapa belum ada kejelasannya sampai saat ini, ungkap nya.

Sementara yg terlihat oleh masyarakat situ ciburuy Formacib selalu mengadakan kegiatan demi kegiatan kepedulian lingkungan di situ ciburuy dari mana Dana nya ? Agus ajhe menjawab enteng Dari Alloh SWT melalui tangan manusia dan kebaikan manusia juga terhadap Formacib.

‘’Karena keyakinan saya sangat kuat jika kita berbuat kebaikan sekecil apapun asal iklas pasti akan dibalas dengan kabaikan juga dan ingat kebersihan itu sebagian dari Iman, ungkap nya. (red)


Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!